Royke Ungkap Alasan Ditunjuk Erick Thohir Jadi Bos Baru BNI 

Royke Ungkap Alasan Ditunjuk Erick Thohir Jadi Bos Baru BNI 
Royke Tumilaar

CELOTEH RIAU--- Menteri BUMN Erick Thohir menggeser kursi Royke Tumilaar dari porsinya sebagai  Direktur Utama (Dirut) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Sekarang, ia ditunjuk Erick menahkodai PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI menggantikan Herry Sidharta yang baru menjadi bos di bank tersebut selama 7 bulan. 
Penunjukan dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dilaksanakan hari ini, (2/9).

Royke mengatakan ia diharapkan Erick dapat mencapai target dan ekspektasi Kementerian BUMN. BNI diharapkan tumbuh menjadi bank bisnis internasional, termasuk menjadi bank refferal dan koresponden utama bagi lembaga/investor/bank asing.


"Target ini menjadi tantangan bagi saya untuk membawa dewan direksi baru dalam sebuah sinergi yang produktif dan strategis untuk bisa memenuhi target tersebut," kata Royke, Rabu (2/9/2020).

Royke mengaku siapan menerima tantangan itu untuk membawa BNI menjadi bank yang berkontribusi aktif membangun ekonomi Indonesia serta mewakili industri perbankan Indonesia di tingkat global.

Untuk bisa mencapai target, ia bilang dibutuhkan aksi korporasi guna membesarkan aset BNI, baik organik maupun anorganik agar akselerasi menjadi bank global bisa cepat terlaksana.

Namun, Royke memastikan tidak akan melakukan perubahan banyak dari strategi yang lama untuk menjawab tantangan itu. Ia hanya akan menyesuaikan dengan ekspektasi stakeholder, termasuk karyawan.

Royke Tumilaar merupakan bankir senior. Ia menghabiskan 11 tahun karirnya sebagai bangkir di Bank Dagang Negara dan 21 tahun lainnya di Bank Mandiri.

Lebih lanjut, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan pihaknya mendukung keputusan Kementerian BUMN menempatkan talenta-talenta terbaik untuk memperkuat jajaran manajemen di seluruh perusahaan BUMN, termasuk di sektor perbankan.

"Meskipun dengan berat hati karena harus melepas insan Mandiri terbaik, kami tetap bersyukur karena talenta Bank Mandiri kembali dipercaya untuk memperkuat bank BUMN lain agar dapat bersama-sama membangun ekonomi nasional, khususnya di tengah tekanan bisnis dan ketidakpastian yang tinggi akibat dampak pandemi covid-19." katanya.

 

 

 

#ekbis

Index

Berita Lainnya

Index